There was an error in this gadget

Galeri Foto

21 October 2010

Cara Repair Windows XP

1 comments
Cara repair windows xp adalah cara memperbaiki sistem operasi windows xp yang rusak. Sebab terjadinya kerusakan sangat variatif, mungkin yang terbanyak adalah karena virus atau kesalahan instalasi, atau hasil ghost yang tidak sukses. Kenapa tidak diinstal ulang? Permasalahan yang mungkin terjadi, anda telah menginstal banyak program aplikasi, dan anda tidak memiliki masternya, anda ingin mempertahankan program-program yang sebelumnya telah terinstal. Nah, solusinya dengan repair.

Kesalahan yang sering terjadi ketika ingin me repair Installasi Windows XP adalah ketika muncul pilihan / menu installasi pertama kali, kita memilih Repair Using Recovery Console, sehingga yang tampil adalah aplikasi/window Command Prompt. Memang fitur ini bisa digunakan untuk memperbaiki beberapa error, tetapi yang kita inginkan adalah memperbaiki keseluruhan file-file sistem windows XP bukan dengan command prompt.

Untuk dapat melakukan repair sistem operasi, maka anda harus menyiapkan CD master sistem operasi tersebut. Kenapa? karena proses repair berjalan dari CD. Persiapan teknis yang harus anda lakukan adalah masuk ke BIOS anda, dan ubahlah pada pilihan first boot : CD-ROOM atau jika anda menggunakan CDROOM External, Pilih USB_CDROOM. Kemudian tekan F10 (Save & Exit) Langkah selanjutnya
Masukkan CD Intallasi Windows XP, kemudian restart (reboot) komputer.

- Ketika muncul tulisan “Press any key to boot from CD“, tekan sembarang tombol di keyboard.

- Windows Setup akan melanjutkan dengan me-load file-file yang diperlukan dari CD.

- Setelah itu akan tampil “Welcome to Setup“, maka tekan ENTER (pilihan pertama).


- Setelah itu akan tampil Windows XP Licensing Agreement“
- Tekan tombol F8 ( I Agree ) untuk melanjutkan
- Windows Setup akan mencari apakah sudah ada Installasi Windows XP.
- Jika sudah ada Installasi Windows XP, maka akan ditampilkan dalam daftar. Jika tidak ada, maka tidak akan bisa me-repair Installasi Windows XP ( harus install ulang) Jangan diteruskan jika belum tahu.
- Setelah ditemukan, maka dipilih (select) Windows XP yang di inginkan dan tekan tombol R untuk me-repair Installas windows XP tersebut.


- Tunggu sampai selesai sampai komputer minta restart.
- Setelah restart, dan muncul menu Press any key to boot from CD maka jangan tekan tombol apapun. Ikuti kelanjutan proses repair sampai selesai.
- Setelah selesai dan komputer restart, maka Installasi windows XP sudah berhasil di perbaiki, dan program/aplikasi yang sudah ada, driver hardware dan data akan tetap ada dan berjalan normal, tanpa perlu di install lagi. Kecuali aplikasi yang mengubah file sistem windows seperti Vista Transformation Pack dan sejenisnya. Kalau menggunakan aplikasi seperti ini maka perlu di install ulang.

Kira-kira begitu, semoga bermanfaat...

Buat Asmarawati-ku, You always give me inspiration

1 comments:

  • November 2, 2010 at 9:18 AM

    info tambahan:
    entah ini cuma kasus yang saya alami, atau memang seperti ini. Prosesor AMD tidak support dengan OS Win XP SP3, pada saat install selalu tidak mau booting, padahal sudah saya ulang lebih 10 kali. jadi bagi anda pemilik AMD, gunakan XP SP2, prosesor yang saya pakai AMD X2.

    info tambahan2:
    kalo instal dengan norton ghost, sebaiknya masternya dengan AMD, karena support ke Intel, sebaliknya jika anda buat master di Intel, tidak akan jalan di AMD.

    cara nge-ghost...tunggu posting selanjutnya

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...