There was an error in this gadget

Galeri Foto

04 December 2011

Cara menyambung UTP Straight dan Cross

0 comments
Tutorial singkat menyambung kabel UTP untuk jaringan komputer.
Sebelumnya saya sampaikan fungsi dari kedua jenis hubungan tersebut, yaitu hubungan straight atau lurus, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan hub atau switch, sedangkan hubungan cross digunakan untuk membuat hubungan antara komputer dengan komputer, atau antara hub dengan hub.

Spesifikasi kabel UTP
Kabel UTP memiliki 8 urat kabel dengan masing-masing dibedakan dengan warna, kemudian warna yang sejenis digabung dalam bentuk pilin, yaitu biru dengan biru-putih, coklat dengan coklat-putih, hijau dengan hijau-putih dan orange dengan orange-putih.

Dalam pemasangannya memang ada standar khusus pada penggunaan warna, tetapi pada dasarnya warna apapun sama saja, yang penting sambungan benar dan tersambung dengan baik, maka jaringan dapat terhubung.

Sambungan Straight
Sambungan ini secara grafik sebagai berikut:


Lihat posisi konektor, jika anda melihat dari bawah, maka keduanya anda lihat dari bawah, tampak seperti gambar disamping.






Sambungan Cross
Sambungan ini intinya menukar kabel nomor 1 dengan nomor 3 dan nomor 2 dengan nomor 6. Mudah diingat khan? ganjil ke ganjil, genap ke genap, 1 ke 3, 2 ke 6..
Seangkan kabel yang lain straight. Lihat gambar dibawah ini:


Kunci utama dari memasang kabel UTP pada RJ45 ini adalah koneksi benar-benar tersambung sempurna, artinya ujung UTP benar-benar masuk ke RJ 45 dan terjepit oleh pin tembaga. Jika ini yakin, maka koneksi akan terhubung dengan baik.

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...