There was an error in this gadget

Galeri Foto

03 November 2010

Cara cepat instal komputer

3 comments
Cara instal dengan norton ghost adalah salah satui cara instal komputer dengan cepat. Karena prinsipnya adalah dengan mengkopy file instaler yang telah terinstal, jadi tidak dengan master nya. Sehingga prosesnya cepat, seperti copy biasa.

Untuk melakukan copy ini, dengan software bantu yaitu norton ghost. Jadi kita tidak perlu install sistem operasi dan program aplikasi sendiri-sendiri. Kalau anda hanya punya satu atau dua komputer, it's OK ga masalah anda instal biasa, tetapi jika menangani LAb komputer atau warnet yang terdiri dari 10 komputer, 20 , 40, 100 komputer??? berapa lama waktu yang anda butuhkan? cukup lama yang jelas. Sehingga membutuhkan yang namanya Ghost untuk mengkloning sistem operasi dan program aplikasi.

Hal yang harus dipersiapkan adalah anda membuat satu komputers sebagai masternya. Instal sistem operasi dan program aplikasi yang anda butuhkan. setelah itu, pastika komputer master tersebut bebas virus, scan sampai deep. setelah itu jalankan tune up biar performa semakin bagus. Yang paling penting juga, instal program norton Ghost di komputer master tersebut.

Yang menjadi catatan disini, ada dua jenis prosesor yang beredar di pasaran, yakni intel dan AMD, sebaiknya anda buat master di AMD, karena kloning dari intel ke AMD sering bermasalah, sebaliknya jika master dengan AMD dapat berjalan pada Intel.

Setelah persiapan selesai, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:


1. Matikan komputer, kemudian padang hardisk lain yang akan dijadikan obyek kloning.
2. hidupkan komputer, setelah itu masuk ke "control panel" dari "start --> setting --> controll panel"
3. selanjutnya klik ganda pada administrative tool, jika tidak ada, klik "switch to clasic view"


4. pada jendela yang muncul, klik ganda pada "computer management"


5. Klik pada "disk management" sehingga akan ditampilkan hardisk yang terpasang pada komputer tersebut


6. pilih hardisk yang bukan master, untuk diformat terlebih dahulu. Yang mana yang bukan master??? dimana-mana, hardisk master adalah yang memiliki partisi C. ini sudah standard, jadi pilih hardisk yang tidak ada pastisi C nya. caranya klik kanan pada salah satu partisinya, pilih delete partition. jika muncul opsi pertanyaan klik yes.


7. proses akan menghapus partisi, selanjutnya anda klik kanan pada partisi tadi, kemudian klik "new partition"


8. kemudian pilih partisi sebagai primary dan klik next


9. selanjutnya bagian yang penting adalah pada saat muncul opsi seperti jendela dibawah ini, pilih don't assign drive letter.


10. Kemudian anda klik next, maka akan muncul beberapa pilihan, pilih set drive active , tujuannya supaya hardisk tersebut nantinya bisa booting.


11. Proses format akan berjalan. tunggu sampai selesai.

12. jika sudah selesai, maka selanjutnya hardisk tersebut siap untuk dikloning.
13. jalankan norton ghost yang sudah anda install di kompuer tadi, sehingga muncul seperti ini (saya menggunakan norton ghost 9):


14. Klik Copy one drive to another, sehingga muncul halaman untuk memilih drive sumber. Klik drive C dan klik next:


15. Selanjutnya memilih drive tujuan, klik drive yang tidak ada namanya (ingat tadi kita melakukan format don't assign drive letter). kemudian klik next:


16. klik next, jika muncul alert bahwa data akan terhapus, pilih saja "yes"
17. proses copy akan berjalan:


18. setelah selesai, klik close


19. setelah itu, matikan komputer dan jangan sekali-kali anda membuka windows explorer.
20. setelah komputer mati, ambil hardisk yang di kloning tadi, kemudian pasang dikomputer lain, dan coba jalankan.... hasilnya akan sama persis dengan komputer master. Proses format sampai dengan ghost ini jika tidak ada masalah hanya berkisar 6 menit.

Selamat mencoba, semoga berhasil

3 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...