Galeri Foto

21 December 2010

Fungsi COUNTIF pada excell

0 comments
Tutorial kali ini membahas fungsi COUNTIF pada ms. excell. Tutorial ini sangat sederhana, tetapi untuk pembelajaran lebih lanjut dapat dikembangkan sendiri. Apa yang saya bahas disini memang secara khusus saya tujukan bagi pemula. Sehingga materi nya sangat sederhana.

Fungsi countif digunakan untuk menghitung data yang bukan bertipe angka. misal sekumpulan anak bermain, terdiri dari anak TK, anak SD dan anak SMP, maka untuk mengetahui berapa jumlah anak TK, berapa jumlah anak SD dan seterusnya, kita menggunakan fungsi countif.

misalnya kita mempunyai tabel seperti ini:



Pada kolom yang saya beri tanda warna merah, kita isi dengan rumus. Untuk kolom nilai huruf, kita menggunakan fungsi IF tetapi tidak akan saya jelaskan sekarang. Tunggu posting berikutnya, atau lihat posting saya dengan label komputer : office .
Untuk menghitung jumlah yang A, maka klik pada kolom yang kita ingin taruh hasilnya nanti, dalam contoh saya klik pada sel C9.

Kemudian ketik rumusnya =countif(D4:D8,"A") tekan enter.

Penjelasan rumus: countif boleh dengan huruf kapital atau kecil atau campur, bebas.

D4:D8 adalah lokasi data huruf yang akan kita hitung, yaitu berada pada kolom D baris 4 sampai 8.

"A" yaitu entri yang kita pilih untuk di hitung. kenapa menggunakan tanda "" karena data tersebut berupa huruf, kalau datanya angka tidak perlu tanda "" tersebut.

Semoga bisa memperjelas.....
(maaf tidak bisa posting banyak nih,,,,, lagi laper... he he he)

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...