Galeri Foto

27 April 2011

Tutorial corel (kartu nama)

0 comments
Sebelum kita melakukan desain, terlebih dahulu tentukan konten apa saja yang akan dimuat dalam desain tersebut, sehingga apa yang seharusnya ada tidak terlupakan karena asyik membuat desain. OK untum desain kartu nama, yang biasanya ada di kartu nama antara lain:
1. Nama
2. Jabatan (kalau ada)
3. Nama instansi/lembaga
4. Alamat
5. Kontak (no tlp, hp, email)
6. Slogan (mungkin...)
Nah, hal-hal diatas nantinya akan masuk di konten desain. Sekarang kita mulai membuat desain nya dahulu. (sebenarnya terserah anda, mana dulu yang akan anda lakukan).
1. Tentukan ukuran kartu nama yang akan dibuat, misalnya 11cm x 7cm, atur pada property bar seperti ini:



2. Kemudian beri warna dasar, dengan klik kiri pada palet warna disebelah kanan layar komputer anda. Jika dikehendaki warna gradasi, maka pilih “fill tool” pada toolbox di sebelah kiri layar komputer anda, letaknya nomor dua dari bawah. Pilih tipe “fountain”


3. Anda dapat mengatur tipe nya yaitu “linear, conical, radial” bebas sesuai keinginan anda, silahkan dicoba. Kemudian pada bagian “color blend” ada dua pilihan yaitu “two color” dan custom; untuk two color berarti kita hanya bisa mengatur dua warna, untuk pilihan custom, bisa lebih banyak.


4. Jika ingin diubah kemuringan gradasinya, bisa diatur pada bagian “angle”, kemudian klik OK.
5. Setelah itu, tambahkan desain untuk bagian bawah dan atas kartu nama. Mulai dengan “rectangle tool”, untuk membuat gambar kotak, nanti bisa kita atur ke bentuk yang lain.


6. Gunakan “pick tool”, kemudian klik kanan pada kotak yang baru saja kita buat, pilih “convert to curves”. Seolah tidak ada perubahan yang terjadi.
7. Gunakan “shape tool”, arahkan mouse pada garis sisi bawah, kemudian klik kanan dan pilih “to curve”.
8. Masih menggunakan “shape tool”, atur sehingga bentuknya menjadi seperti ini:


9. Copy dan sedikit anda tarik keatas, dan sedikit modifikasi sehingga bentuk nya seperti ini:


10. Dapat juga anda tambahkan desain yang unik, terserah anda. Yang perlu kita pahami bahwa desain tidak ada batasnya, artinya saat ini anda merasa puas, belum tentu nanti anda masih puas dengan hasil karya anda.
11. Sekarang kita masukkan konten teks yang harus ada, atur posisi nya sesuai keinginan,
12. Hasil akhir setelah diatur ulang seperti ini:


semoga bermanfaat, tinggalkan komentar jika tidak keberatan.. :-)

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...