There was an error in this gadget

Galeri Foto

11 August 2011

Input Teks Pada Flash

3 comments
Terkadang saat main game, kita tidak menyadari saat measukkan nama kita pada kolom nama pemain, maka seterusnya nama kita akan muncul pada layar permainan, dan terakhir biasanya saat game selesai, entah game over atau memang anda menang, maka akan tampil statistik permainan dan disana pula statistik dengan nama anda. Tahukan anda bagaimana komputer/ program game ini bisa menyimpan nama anda?

Pada kesempatan ini saya sampaikan bagaimana input nama dalam game berbasis flash. Untuk mempraktekkannya, maka anda harus menginstal program macromedia flash, versi berapa aja terserah, untuk tutorial ini saya menggunakan flash 8 profesional.

Bagaimana caranya, langsung saja kita ke TKP (Tempatnya Kursus Phlash.... duh, gak pas yah, kalau saya tulis Tempatnya Kursus Flash =TKF dong.)

1. Sip, sekarang buka dokumen baru, buatlah desain yang menarik, dan menantang. Namanya juga game, kalau gak menarik diawal yah.... sapa yang maun main. Tapi untuk contoh kali ini mungkin sederhana saja. Lebih jauh tentang tampilan desain, anda kembangkan sendiri. Saya yakin 100% anda lebih jago urusan desain.
2. Misalnya kita memiliki background / desin latar game untuk tampilan awal seperti ini:


3. Skenario nya, untuk memainkan game ini, maka pemain diwajibkan untuk mengisi form terlebih dahulu, yaitu form nama dan jenis kelamin, kemudian pemain harus menekan tombol “masuk” untuk menuju ke tahap selanjutnya.
4. Dari halaman muka yang telah kita miliki, kita tambahkan beberapa komponen yaitu:
- Teks “nama anda” dan “jenis kelamin” ini menggunakan statis text.
- Dua buah kolom untuk menulis nama dan jenis kelamin, ini menggunakan input text.
- Dan satu tombol untuk “masuk”.
5. Untuk merubak properti teks apakah static text atau input text, setelah kita klik text tool, kemudian klik jendela properties, pilih jenis disana



6. Saat anda menambahkan teks input, tolong anda perhatikan properti dibawah ini, silahkan tentukan jenis huruf, ukuran dan warna bebas, kemudian pada bagian “var” ; jika anda menempatkan input teks untuk nama, maka pada bagian var silahkan ketik “nama” tanpa tanda kutip. Kemudian pada input teks untuk jenis kelamin, kita samakan saja variabelnya “jk”.


7. Setelah kita tambahkan teks dengan kedua jenis diatas, maka tampilan menjadi seperti ini:


8. Sip. Sekarang biar lebih bagus, bagian input teks sebaiknya kita kasih background putih, caranya anda buat layer baru dan letakkan dibawah layer yang ada input teks nya, kemudian buat kotak berwarna putih, sehingga tampilan menjadi seperti ini


9. Tujuan dari langkah 8 adalah supaya pemain dapat mengetahui pada bagian mana dia harus memasukkan nama, kalau tanpa kotak latar belakang ini, maka pada saat dijalankan tidak akan kelihatan mana bagian input teks nya. Ok paham?.
10. Selanjutnya kita tambahkan satu tombol “masuk”. Anda bisa buat layer baru atau tidak terserah anda, yang penting dalam flash adalah anda ingat dimana anda meletakkan sesuatu. Ya hanya itu yang wajib anda ingat. (gak usah ingat pasangan anda juga gak pa-pa he he he he). Misalnya saja seperti ini:


11. Ok. Sip. Sampai tahap ini kita anggap selesai untuk tampilan pertama saat game di load. Ingat semua yang kiya buat tadi hanya pada satu frame yaitu frame 1. Maka pada salah satu key frame silahkan pasang action script “stop();” Jika anda kesulitan bagaimana membuat tombol, bagaimana memasang script, silahkan download modul saya. Free kok, sebelum saya berlakukan tarif premium wak wak wak... enggak, saya bercanda, semua konten blog ini gratis selamanya.
12. Selanjutnya buat keyframe pada frame 5 untuk bacground yang akan selalu tampil, dan pada frame 5 anda juga bisa membuat halaman khusus untuk main game. Misalnya seperti gambar berikut ini, ini tampilan pada frame 5 lho ya.


13. Sekarang gimana cara memunculkan nama pemain dan jenis kelamin nya yang diinput tadi? Kita ingat, nama disimpan pada variabel “nama” dan jenis kelamin disimpan dalam variabel “jk”.
14. Sekarang pada frame 5, kita tempatkan dua buah dynamic text, kita beri nama pada var “nama1” dan yang lain “jk1” atau yang lain terserah anda. Ok jadi seperti ini:


15. Selanjutnya tambahkan action script “stop();” pada salah satu key frame pada frame 5. Sekaligus anda tuliskan fungsi untuk memanggil dan menampilkan input teks pada frame 5, sehingga script anda menjadi seperti ini:


16. Sekarang kita kembali ke frame 1, pada tombol silahkan anda kasih perintah goto and play ke frame 5. :


17. Sip. Sekarang jalankan dan coba hasilnya:


18. Setelah mengetik nama dan jenis kelamin, sekarang klik tombol masuk, lihat ini:


Sip? Ok dah.... Selamat mencoba....

3 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...