There was an error in this gadget

Galeri Foto

05 October 2011

Belajar HTML untuk pemula 1

2 comments
Rencananya materi tentang html ini akan berlanjut, sengaja saya buat per materi supaya mudah dipelajari. Bagi anda yang sama sekali tidak memahami bahasa pemrograman tetapi ingin bisa, sering-seringlah berkunjung ke blog ini, sebisa mungkin akan selalu saya update ilmu yang bermanfaat.

Untuk para master programer, posting ini bukan porsi anda, tatapi jika anda ikut membaca, maka berikanlah koreksi jika terjadi kesalahan, semoga ilmu yang kita sebarluaskan menjadi berkah dan bermanfaat untuk sesama.

Langsung saja untuk materi pertama, hal-hal yang harus anda persiapkan adalah:
1. Perangkat komputer tentu saja, kemudian aplikasi text editor. Contohnya Editplus, notepad++, dreamweaver dan lain-lain, yang paling sederhana kita bisa menggunakan note pad. Bawaan dari windows, buka melalui start – Program – accesories – note pad. Saya memakai notepad++ jadi text nya warna-warni saya suka he he he
2. Anda tidak perlu mahal-mahal beli buku, tapi kalau anda punya buku tentang html, maka itu sangat membantu.

OK materi 1.
Pengenalan html

HTML : Hyper Text Markup Language merupakan salah satu bahasa program yang digunakan untuk membuat desain web. Html bukanlah satu-satunya bahasa yang digunakan, tetapi html merupakan bahasa standar yang dikenali oleh semua browser, sehingga memungkinkan web dapat diakses dengan baik oleh semua pengguna internet. Selain itu, didalam html juga dapat disisipkan dengan bahasa yang lain, misalnya CSS, Javascript dan lain-lain.

Bentuk umum struktur pemrograman html adalah sebagai berikut:
<html>
<head>
<title> untuk menuliskan judul </title>
</head>
<body>
Isi program html, css, javascript dll
</body>
</html>
Kode yang dicetak tebal mutlak harus ada, yaitu tag buka html (<html>) dan tag penutup html (</html>). Aplikasi yang digunakan untuk membuat program html juga sangat banyak, yang paling sederhana bisa menggunakan notepad yang merupakan bawaan dari sistem operasi windows. Dapat juga menggunakan text editor yang lain, misalnya edit plus, notepad plus, dreamweaver dan lain-lain. Setiap program yang dibuat, kemudian disimpan dalam format ekstensi *.htm atau *.html sehingga hasilnya dapat dilihat pada browser.

Contoh 1 menampilkan teks:


Penulisan seperti diatas hanya untuk memudahkan membacanya saja, boleh ditulis :


Hasilnya pada browser akan sama, tetapi saya anjurkan anda menggunakan cara yang pertama, karena lebih enak dilihat, selain itu memudahkan dalam membaca susunan program. Jika terjadi kesalahan, maka dengan mudah kita menemukan kesalahan tersebut.

Setelah kita membuat program seperti diatas, kemudian simpan dengan ekstensi .html misalnya kita simpan dengan nama: latihan.html

Pada folder dimana anda menyimpan, klik ganda file tersebut, maka akan muncul pada broser sebagai berikut:


Mudah sekali bukan? Nah untuk selanjutnya, silahkan download full modulnya, kalau saya posting disini terlalu panjang banyak gambar.

2 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...