There was an error in this gadget

Galeri Foto

29 October 2011

Cara membuat dan memasang banner animasi flash pada blog

0 comments

Lihat sidebar sebelah kanan dari blog ini, sekarang...
Ok sudah? disana terdapat banner iklan (itu memang iklan he he he) yang animatif, kita akan membuat seperti itu.

Pertama kali, kita atur dulu ukuran banner yang akan kita buat. Caranya klik properties, tentukan ukuran misalnya 188 x 200 pixel




Setelah itu akan kembali ke halaman flash, dan ukuran halaman menjadi seperti yang telah kita atur.

Mulai membuat desain dengan rectangle tool, kita buat kotak tanpa garis tepi, misalnya seperti ini:


Untuk merubah warna, sekarang klik selection tool,atau tekan huruf V dari keyboard anda. Klik gambar kotang yang tadi kita buat, punya saya berwarna pink. Kemudian klik panel color di sebelah kanan.


Pilih seperti gambar diatas, yaitu untuk mengatur fill dengan warna gradasi linier. Kemudian setelah itu maka panel color tadi akan berubah seperti ini:


Lihat gambar, untuk merubah warna, silahkan klik ganda pada tanda yang saya beri anak panah, kemudian akan muncul jendela baru dan pilih warna sesuai selera anda.Anda juga dapat memberikan slider tambahan, caranya klik satu kali pada area slider, sedangkan untuk merubah warna dengan klik ganda. Misalkan hasilnya seperti ini:


Tambahkan layer baru dan buat teksnya, misalkan seperti punya saya "cara apapun" kemudian gunakan selection tool, klik teks tersebut, anda dapat mengganti warna, ukuran, jenis hurufnya melalui properties. Setelah itu, tekan F8, pada jendela yang muncul pilih movie clip dan klik OK.


setelah itu klik ganda teks yang telah kita ubah menjadi movie clip tadi, pada jendela symbol klik insert layer, pada layer baru yang muncul, buatlah kotak misalkan seperti ini:


pada layer 1 (yang memuat teks) klik kanan pada frame 25 misalnya, kemudian pilih insert frame.

Sekarang klik pada frame1 layer 2 (yang memuat kotak) klik kanan pilih create motion tween. kemudian klik pada key frame sepereti gambar atau sesuai keinginan andan, klik kanan dan pilih insert key frame. pada key frame baru itu pindah-pidahkan kotaknya.

langkah selanjutnya klik insert layer, dan copy lah teks yang ada dan paste in place pada layer yang baru tadi. Sehingga akan terjadi penumpukan teks. Ok sekarang klik layer 3, yang terakhir paling atas, klik kanan pilih mask. jalankan dulu animasinya untuk mencoba, tekan Ctrl+enter
Tralala.... jadi deh...

Oke kembali ke halaman awal, klik scene 1


kemudian tambahkan satu layer lagi untuk membuat teks yang kecil-kecil dibawahnya. buat menjadi movie clip dan kasih animasi tween ajah, selesai.... jadi deh....

==============================================
ok selanjutnya kita latihan bagaiman caranya untuk upload file tadi ke blog. Anda harus memiliki akun website, misalnya seperti saya ndaftar gratis di sites.google.com lihat posting terdahulu tentang membuat direct link, sehingga tidak perlu saya jelaskan disini bagaimana anda mendaftar ke sites.google.com

Setalah anda memiliki akun, silahkan upload file anda kesana, selesai upload, ambil link nya saja, jika anada menggunakan firefox, jangan link download yang anda copy, tetapi link "view" klik kanan dan pilih copy link location.

Kemudian login akun blog anda, masuk ke tab rancangan, klik insert gadget, pilih html/javascript, paste link yang tadi di copy.

Simpan.

Selesai.

Lihat blog anda.

Cihuiiii...
Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...