There was an error in this gadget

Galeri Foto

13 April 2010

Cara partisi hardisk

0 comments
Jika Anda ingin mem-format harddisk tambahan dan mengosongkan isinya, maka berikut ini beberapa langkah untuk membuat format dan mempartisi kembali harddisk tanpa harus menggunakan CD Windows XP. Pertama Anda harus menemukan lokasi Device Manager, dengan langkah berikut :

1. Klik Start > Control Panel > Administrative Tools > computer management
2. Di kolom bagian kiri Anda akan menemukan satu set tool management computer. Klik Disk Management, dan kemudian akan menampilkan semua list harddisk di computer, mulai dari Type, File System, Status, Capacity, dan Available Free Space.
3. Anda harus menspesifikasikan drive mana yang ingin diformat. Sebagai contoh drive (C:).

4. Drive C: biasanya menjadi drive utama di computer, namun Anda dapat mengubah nama dan polanya.
5. Jika harddsik telah menjadi baru kembali dan membutuhkan pembuatan partisi drive kembali, maka klik kanan dan pilih Partition. Pastikan Anda telah mempartisi semua drive.
6. Sekali dipartisi, klik kanan kembali dan pilih Format. Hal tersebut kemudian akan mem-format drive C: sehingga space yang dipartisi dapat digunakan sebagai drive primer untuk tempat penginstallan program.
7. Jika drive C: sudah dipartisi, dan Anda ingin mengubah format partisinya kembali, maka klik kanan dan pilih Reformat, dan drive C: akan diformat kembali menggunakan space yang ada di drive.
8. Teknik ini tidak akan bekerja untuk harddisk atau drive yang sudah terinstal di computer. Sebagai contoh, jika Anda memiliki satu harddisk didalamnya dan perlu diformat, maka Anda perlu menggunakan CD Windows XP dan reformat kembali dari booting.


[semoga bermanfaat]

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...