Galeri Foto

14 July 2010

Cara menampilkan file yang disembunyikan oleh virus

0 comments
Cara menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini sebenarnya sangat sederhana. Kasus pada flash disk saya sendiri, semula terserang virus Shortcut yang merebak di kampus, langkah yang saya ambil adalah dengan scanning virus, yang saya gunakan smadav, ansav juga nod. Tetapi setelah scan, virus muncul lagi... akhirnya pada posting saya tentang membersihkan virus short cut dengan cara itula saya membumihanguskan virus short cut. dan terbukti manjur. Tetapi

ternyata menyisakan tangis berkepanjangan, eh salah... menyisakan permasalahan baru. Isi flash yang berupa folder, tidak mau tampil disemua komputer, padahal volume flashdisk saya penuh. Sempat kaget apa file saya terhapus oleh antivirus??? saya coba pasang pada sistem operasi yang berbeda, semula pada win xp sp2, terus win xp sp3 gak ndetek juga, saya coba ke 7,juga ndak muncul, terus saya coba ke Ubuntu, ternyata masih ada data-data saya.

nah akhirnya dengan cara ini saya memunculkannya lagi:
1. Buka Start >> Run lalu ketik CMD. Maka sebuah comment prompt (atau DOS) akan muncul.
2. Pada keadaan awal, comment prompt akan menuju lokasi C:\Document and Settings\[nama user komputer kamu]>
3. Arahkan lokasi comment prompt ke drive/folder yang file-file nya terhidden karena virus.
4. Misalnya korban virus kali ini adalah drive E, maka kamu tinggal ketik E: lalu tekan enter.

5. Pada comment prompt, ketik attrib -s -h *.* /s /d
6. Untuk beberapa saat, comment prompt kamu tidak akan bereaksi. Artinya, komputermu sedang mengembalikan file/folder yang terhidden karena virus.
7. Bila comment prompt sudah menunjukkan lokasi E:\> kembali, artinya file-file kamu yang terhidden akan kembali terlihat.
8. Sekarang coba cek di windows explorer.

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...