There was an error in this gadget

Galeri Foto

16 August 2010

Cara Menuliskan kalimat dengan rumus di Excel

0 comments
Suatu ketika kadang kita butuh untuk menuliskan hasil perhitungan yang telah kita lakukan di Ms. Excel dalam bentuk kalimat. Entah tujuannya apa, mungkin supaya mudah terbaca atau sebagai penjelasan hasil perhitungan tersebut.
Sebagai contoh kita menghitung rata-rata waktu pelayanan pelanggan dan simpangan bakunya dengan data sebagai berikut:

Untuk menampilkan dalam kalimat misalnya ”
“Rata-rata waktu pelayanan pelanggan adalah 39.6 dengan Simpangan Baku/Standar Deviasi sebesar 6.77″

Maka kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

=”Rata-rata waktu pelayanan pelanggan adalah “&B12&” dengan Simpangan Baku/Standar Deviasi sebesar ” &TEXT(B13,”#.##”)

Artinya sel D2 sama dengan “Rata-rata waktu pelayanan pelanggan adalah ” + sel B12 + ” dengan Simpangan Baku/Standar Deviasi sebesar ” + jadikan teks sel B13 dengan format angka dan dua decimal.

Atau langsung dihitung dalam kalimat:

=”Rata-rata waktu pelayanan pelanggan adalah “&AVERAGE(B2:B11)&” dengan Simpangan Baku/Standar Deviasi sebesar ” &TEXT(STDEV(B2:B11),”#.##”)

* Artinya sel D2 sama dengan “Rata-rata waktu pelayanan pelanggan adalah ” + rata-rata sel B2 s/d B11 + ” dengan Simpangan Baku/Standar Deviasi sebesar ” + jadikan teks hasil perhitungan Simpangan Baku sel B2 s/d B11 dengan format angka dan dua decimal.

Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...