There was an error in this gadget

Galeri Foto

04 May 2011

Pemotongan puzzle

2 comments
Mungkin ini yang diharapkan, prinsipnya sama, pertama kita siapkan dulu gambar yang akan kita buat menjadi puzzle. misalnya saya import mobil.jpg.

Kemudian buat kotak (ini cuma contoh) atau bentuk potongan lain yang anda inginkan. Posisikan pada layer yang terpisah dengan layer gambar tadi. ini semata-mata hanya untuk memudahkan kita pada tahap awal. nantinya akan kita gabung menjadi satu layer.


Mungkin bisa anda tambahkan bentuk lingkaran, nanti akan kita potong menjadi setengah lingkaran, supaya tampilannya lebih menantang dan tidak membosankan potongan puzzle nya.


Coba anda modifikasi bentuknya, yang jelas kalau bentuk potongan nya yang dikehendaki teratur, gunakan prinsip ubin, jadi potongan ujung yang satu, nantinya akan masuk ke potongan yang lain. Nah bentuk pengubinan ini macam-macam, anda tentu lebih kreatif membuat bentuk ubin yang cakep. Saya hanya bisa memberi contoh sederhana sekali seperti ini:


Setelah satu bentuk ubin selesai kita buat, copy ubin tersebut dan gabungkan dengan yang lain, sehingga tepat berimpitan seperti ini:


Setelah selesai seperti itu, kemudian copy dan paste ke layer gambar yang akan dipotong-potong. Sebelumnya break apart dulu gambarnya supaya nanti bisa dipotong-potong. Kemudian klik masing-masing potongan, ubah menjadi movie clip atau graphic.
Jika kita pisah-pisah hasilnya mungkin seperti ini:



Ok jadi khan? tinggal anda atur menjadi game puzzle... Selamat berkarya

2 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...