There was an error in this gadget

Galeri Foto

17 May 2011

Cara instal sistem operasi vmware

0 comments
Vmware merupakan tool untuk menginstal sistem operasi didalam sistem operasi. Logika nya begini, anda dapat membangun rumah didalam rumah. untuk masuk ke rumah yang di dalam, maka anda harus masuk ke rumah yang sebenarnya terlebih dahulu. Ini juga sama, jika anda membuat sistem operasi dengan vmware, pertama kali anda masuk ke sistem operasi yang biasanya, kemudian anda baru bisa menjalankan sistem operasi lain yang ada di dalamnya. Misalnya begini, saat ini komputer anda di instal xp, nah didalam xp itu anda bisa juga menginstal lagi misalnya linux, atau windows versi yang lain.

Ok langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menginstal vmware. Software ini dapat didownload, cari aja di google.
2. Setelah berhasil diinstal, kemudian jalankan vmware, maka akan muncul seperti ini:


3. Untuk menginstal di komputer dimana vmware tersebut diinstal, maka pilih local host, jika komputer terhubung jaringan, dan ingin menginstal pada komputer yang lain, maka pilih remote host.
4. Selanjutnya klik OK, maka akan muncul halaman seperti ini:


5. Untuk memulai menginstal sistem operasi, pilih new virtual machine. Pada jendela yang muncul klik next, kemudian selanjutnya pilih typical atau custom, saya selalu pilih custom, karena kita bisa mengatur untuk menginstal hanya yang kita butuhkan.
6. Klik next, dan muncul halaman untuk memilih sistem operasi:


7. Nah pada bagian guest operatisng system anda bisa memilih sistem operasi yang anda inginkan. Kemudian pada bagian version, ya anda bisa memilih versi nya, kalau windows misalnya xp, win 7 dll. Kemudian klik next.
8. Selanjutnya halaman pemilihan lokasi instalasi.


9. Klik next next next dan seterusnya, pada saat pengaturan virtual memory, tetaplah pada batas recommended, artinya pada batas itu yang aman untuk komputer anda. Jika melebihi batas tersebut, kemungkinan yang terjadi adalah lambat. Kemungkinan terburuknya memory terbebani dan menjadi panas, apa jadinya jika panas berlebih kemudian tidak anda siapkan peranti pendingin yang cukup? Silahkan disimpulkan sendiri..


10. Klik next sampai selesai, maka setelah itu akan dilakukan proses partisi virtual untuk menenpatkan sistem operasi yang telah anda pilih tadi. Tunggu beberapa saat, ini memakan waktu agak sebentar.
11. Jika sudah selesai, maka akan muncul halaman berikut ini, yaitu untuk memulai virtual machine anda.


12. Selanjutnya mulai instalasi sistem operasi yang dibutuhkan.
13. Ok, mudah kan??

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...