There was an error in this gadget

Galeri Foto

08 July 2011

Cara membuat PCB sendiri

6 comments


PCB (Printed Circuit Board) adalah rangkaian elektronik yang dibuat pada papan yang biasanya berbahan pertinaks. Tujuannya adalah supaya rangkaian bisa rapi dan sekaligus untuk pemasangan komponen elektronika.

Setiap mesin elektronika biasanya menggunakan PCB untuk memasang komponen-komponen. Seni membuat PCB ada teknik-teknik tersendiri, saya juga ndak terlalu faham bagaimana yang bagus. Diantaranya ada yang berpendapat sebaiknya diusahakan peletakan komponen simetris, sehingga gambar rangkaian menjadi bagus. Ada juga yang bilang penempatan komponen aktif dan komponen pasif sebaiknya dipisah. Ada juga yang berpendapat yang penting jalur kuat, rapi dan aman. Saya sependapat dengan yang terakhir ini, meskipun juga memperhatikan kebagusan desain.

Kalau perangkat elektronik pabrikan jaman dulu, jalur PCB nya asal-asalan tapi bahan pertinaks nya kualitas bagus, terus lapisan tembaganya juga kuning kemerahan dan tebal, kalau yang sekarang dipasaran pada tipis-tipis. Kalau mau menggunakan arus yang besar, saya pake yang double layer, tapi jalur bolak-baliknya sama. Dengan begitu jalur kuat dialiri arus yang besar.

Okelah, prinsip masing-masing berbeda, sekarang gimana caranya membuat PCB sendiri? begini langkahnya:
1. ini cara saya lho ya... mungkin ada yang berpengalaman dan hasilnya lebih baik
2. pertama siapkan alat dan bahan yang akan digunakan:
a. pcb kosong (bisa dibeli ditoko elektronik)
b. fericlorit (FeCl3, nanti dilarutkan ke air untuk pelarutan PCB, belinya di toko elektronik)
c. amplas besi/ amplas halus (belinya di toko bangunan)
d. cutter/ gergaji besi (belinya di toko kelontong ada cutter)
e. bor pcb (bor mesin untuk kayu juga bisa, nanti matabor nya yang kecil untuk pcb, mata bornya beli ditoko elektronika juga ada)
f. setrika listrik (beli nya di toko elektronik)
g. bejana plastik (bisa ember atau piring plastik, nanti untuk melarutkan pcb, jadi ukurannya ya yang kira-kira pcb nya nanti bisa direndam disitu, gak usah beli, pinjam emak aja)
h. kuas jika perlu untuk membersihkan.

3. setelah alat dan bahan terkumpul, selanjutnya nyalakan komputer, buka pcb deigner atau protel atau ewb atau apa lah yang anda bisa untuk membuat rangkaian elektroniknya. kalau gak ada and gak bisa ngejalanin, ya pake paint aja dah...
4. setelah desain rangkaian jadi, cetak hasilnya dikertas biasa aja yang penting polos putih. cetak mode Best biar hasilnya bagus, tidak pudar. Cetak warna hitam aja gak usah aneh2 warna pink segala.
5. setelah itu, matikan komputer ambil uang 1000, lari ke fotocopy-an, minta dicopy pada plastik mika. itutuh yang jaman dulu untuk slide OHP, masih pada inget gak?
6. kalau udah, amplas permukaan pcb bagian lapisan tembaganya pakel ampelas halus tadi, pelan-pelan saja, tujuannya cuma membersihkan.
7. tempelkan hasil copyan tadi ke pcb, ingat lapisan yang ada gambarnya yang nempel pada pcb, jangan terbalik.
8. tutup diatas plastik mika tadi dengan kertas, kertas apa ajalah yang tipis gitu.
9. panaskan setrikaan, kemudian setrika jangan terlalu panas, karena nanti akan pudar.
10. pelan-pelan cek apakah sudah menempel rata apa belum, nyetrikannya pelan-pelan aja.
11. kalau udah, angkat plastik mika pelan-pelan, ini agak susah, soalnya lengket.
12. nah yang tersisa kemudian adalah jalur rangkaian pada pcb. teliti ada yang rusak tidak, atau terputus atau short.
13. perbaiki kalau ada yang terputus, gunakan spidol permanen.
14. kalau udah biarkan pcb dingin, kalau udah dingin baru direndam air dingin kira-kira 5-10 menit.
15. siapkan bejana plastik atau ember atau piring tadi, dari plastik atau kaca juga gak papa, tapi jangan yang berbahan logam.
16. larutkan fericlorit dengan air hangat, aduk-aduk dulu biar larut ntar berwarna coklat kemerahan. Hati-hati kena tangan..
17. ambil pcb tadi, kemudian masukkan dalam larutan fericlorit dengan posisi lapisan yang ada gambar circuitnya diatas. diamkan selama 3-5 menit.
18. kemudian goyang-goyang sedikit sampai lapisan yang tidak ada gambarnya akan terhapus pelan-pelan.
19. jika sudah, kemudian angkat pelan-pelan dan cuci dengan air sampai bersih. PCB udah jadi!
20. pada lokasi penempatan kaki komponen kemudian di bor dengan bor pcb tadi.
selesai dah...

PENTING!!!!
sisa larutan fericlorit tadi jangan sembarangan dibuang, berbahaya. untuk membuangnya, masukkan kedalam plastik, atau botol plastik aqua, kemudian masukkan bahan-bahan logam bekas yang sudah tidak anda gunakan, misal baut bekas, paku bekas dan lain-lain. diamkan selama beberapa minggu. Logam-logam yang anda masukkan tadi akan larut, dengan demikian konsentrasinya akan berkurang dan menjadi FeCl2, relatif lebih aman dari FeCl3. setelah itu buang cairan tadi ditanah, jangan dibuang ke sungai nanti mencemari air.

jika FeCl3 yang belum dilarutkan masih ada, maka untuk menyimpannya jangan dibungkus plastik, tapi bungkus dengan kertas, baru pada pembungkus terakhir bisa dengan plastik. Kalau langsung anda bungkus plastik, justru akan tembus cairan fericloritnya. Saya gak tahu kenapa reaksi kimia nya bisa begitu..

6 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...