Galeri Foto

07 July 2011

Cara mengetahui MAC Address

0 comments
Mac (Media Access Control) Address adalah sebuah alamat yang unik yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface sebuah router atau node pada sebuah jaringan komputer. Mac Address terdiri dari 12 Digit bilangan heksadesimal. Mac Address biasanya juga dikenal dengan nama Physical Address, Local Administration Mac Network, Hardware Address, Ethernet Address.

Pada sistem operasi windows seperti Microsoft Windows XP, Mac Address dapat diketahui dengan cara-cara seperti berikut:

1. Dengan command prompt:
- klik start-run, kemudian ketik "cmd" (tanpa tanda kutip) klik OK, maka akan muncul halaman ini:


- kemudian ketik : ipconfig/all, tekan enter maka akan tampil seperti ini:


Disana ditunjukkan physical address ada dua, karena saya pakai komputer desktop dan untuk koneksi saya pakai wifi adapter. Yang atas adalah mac lan card nya, sedangkan yang bawah adalah mac adapter wifi nya. Trus yang dipakai yang mana? kan beda? Ya,karena saya koneksi nya pakai wifi, maka yang dipakai adalah mac adapter wifi (yang bawah). Kalau saya koneksinya pakai lan, ya tentu saja yang dipakai adalah mac lan card (yang atas).

2. cara yang lain, kita bisa lihat dari status koneksinya di network connection:


Pada gambar diatas yang terlihat IP nya saja, untuk melihat mac nya,klik "detail", maka akan muncul seperti ini:


Dari gambar diatas lebih pasti mana mac yang dipakai untuk koneksi. dalam hal ini punya saya ya mac adapter wifi nya.

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...