There was an error in this gadget

Galeri Foto

09 November 2011

File Bootable dari Flashdisk dengan Unetbootin

0 comments
File Bootable adalah kemampuan file untuk bisa menjadikan komputer booting. Sebagai contoh dulu menginstal komputer menggunakan disket, di dalam disket tersimpan file bootable yang kita kenal dengan sebutan startup. Kemudian teknologi ISO menjadikan CD /DVD bisa untuk melakukan booting komputer, terakhir kita bisa instal komputer dengan flashdisk.

Nah khusus pada flashdisk, maka file windows yang akan kita instal tidak hanya di copy biasa, tetapi harus dibuat ISO disk, caranya menggunakan software bantuan yang kerkenal Wintoflash dari Novicorp. Software ini secara khusus hanya bida digunakan untuk membuat file master windows menjadi bootable pada flashdisk, misalkan kita punya file lain yang bukan master windows, maka tidak bisa kita jadikan bootable dengan wintoflash. (sesuai namanya Wintoflash= windows to flashdisk)

lalu gimana kalau kita mau bikin file bootable yang bukan windows? misalnya saja antivirus, atau tool yang lain? ok ini saya berbagi software kecil untuk membuat file bootable, namanya Unetbootin (Universal Netboot Installer). File exe langsung bisa dijalankan dengan klik ganda. Tampilan seperti ini:


Gambar yang saya beri tanda merah yang harus anda perhatikan, pilih disk image, kemudian sebelahnya pilih ISO,kotak sebelahnya adalah lokasi file yang akan dibuat bootable, caranya klik tombol disampingnya yang saya beri tanda panah.

Kemudian pada bagian Type karena kita akan menggunakan flashdisk, silahkan pilih USB, setelah itu klik selesai, tunggu proses copy, setelah selesai ada tampilan dengan dua tombol "restart" dan "exit". Pilih exit.

Selesai, flashdisk anda sudah bootable. Artinya bisa digunakan untuk booting.
Contoh cara ini saya gunakan untuk recovery password administrator win 7 yang kelupaan dengan file software password breaker.

File unetbootin bisa anda dapatkan disini
Teruji bebas virus dan bekerja 100% pada 8 November 2011. Silahkan tinggalkan komentar anda. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...