Galeri Foto

23 November 2011

Mengatasi komputer hank saat booting

0 comments
Pengalaman dengan komputer teman, kemarin katanya rusak, gak tahu penyebabnya, lama gak dihidupkan beberapa hari, waktu dinyalakan berhenti prosesnya pada booting masuk ke windows. Kemudian sempat dibawa ke tempat servis, menginap dan katanya juga di cek, si tukang servis bilang MB nya rusak, kalau ganti 2nd dianggarkan sekian-sekian.

Dasar kalah taruhan bola, mungkin teman saya berfikir ulang untuk membeli MB tersebut. Lalu diambil dan dibawa ketempat saya, waktu saya cek, kabel-kabel pada lepas, mungkin dari tukang servis belum dipasang lagi.

Langkah yang dilakukan memasng kembali semua komponen, berikut kabel-kabelnya, saya coba nyalakan, tetapi benar, hank, berhenti saat muncul logo windows xp. Kata teman saya sudah diinstal ulang berkali-kali tetap sama. Akhirnya pertama kali saya bersihkan RAM nya, kemudian pindah slot yang lain.


Coba dinyalakan, ternyata masih sama, saat itu menggunakan RAM DDR1 dua buah @512MB. Kemudian saya lepas satu, hidupkan lagi, ternyata nyala normal, lalu saya bersihkan RAM yang satunya, saya pindah slot, ternyata nyala juga, kesimpulan pertama salah satu slot RAM trobel.

Permasalahan berlanjut, yaitu CD ROM buka tutup sendiri berulang-ulang. Solusinya masuk bios kemudian pada konfigurasi CDROM dipilih NONE. Restart.... hasilnya komputer berjalan normal.

Faktor lain yang juga menyebabkan hal yang sama, biasanya kabel CDROM trobel, dengan CDROM di buat none, maka tidak akan di load saat startup, tetapi masih bisa untuk operasi buka CD pakai exploler.

Penyebab yang lain, yang sering terjadi adalah power supply sudah lemah, sehingga untuk mencobanya, silahkan kurangi penggunaan daya, misal kipas, CDROM dilapas dulu.
Silahkan dicoba.

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...