There was an error in this gadget

Galeri Foto

18 December 2011

Cara membuat cd bootable untuk instal

1 comments
Ketika kita menggunakan tool cd burning (saya biasanya pake Nero) sebenarnya banyak fitur yang tersedia. Nah, bagi yang belum tahu, berikut sedikit artikel pendek tentang masalah per-burning-an.

Saat kita menjalankan nero, untuk copy data ke cd ada beberapa tipe cd, misal untuk data cd maka nanti akan terbaca sebagai file saja, tidak bisa dijalankan tanpa software khusus untuk membuka file tersebut. sebagai contoh misal kita simpan lagu ke cd, maka jika kita pilih data cd, maka file lagu itu hanya bisa kita putar dengan pc/laptop, tidak bisa diputar langsung pada mp3 player misalnya. Nah solusinya bisa pake audio cd, ketika kita copy ke cd dengan tipe audio cd (ini fitur nero) maka cd hasilnya nanti bissa langsung diputar di mp3 player. Yah kekurangannya kalai kita membuat data cd mugkin bisa masuk 200an lebih file lagu, khan kapasitas cd 700-800MB, misal satu lagu 3MB khan 200an file lebih. Tapi jika kita menggunakan tipe audio cd hanya muat 18an lagu. itulah kenapa biasanya cd album lagu dari grup-grup musik biasanya hanya 12-18 lagu.

Lain lagi dengan yang berikut ini, ketika ingin instal komputer dengan CD, maka kita menggunakan CD master OS nya, kalau dengan linux biasanya sudah ada file boot nya sehingga kita tidak perlu membuat cd bootable, kalau untuk windows, maka kita perlu membuat cd bootable supaya bisa booting.

langkah-langkahnya:
1. siapkan program nero 9 keatas
2. siapkan file bootingnya, misal boot.ima
3. masukkan cd ke cdrom
4. jalankan nero
5. pilih tipe nya cd-rom(boot), kemudian pada tab boot, pilih file image nya, kemudian klik new


6. Selanjutnya masukkan file windows yang mau di burning, pada gambar dari no 1 drag ke no 2


7. misal seperti ini


8. kemudian klik burn, tunggu sampai cd keluar sendiri.
9. selesai

Semoga bermanfaat.

1 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...