There was an error in this gadget

Galeri Foto

04 December 2011

Cara mengatasi komputer yang sering hang

0 comments

Kasus ini sering terjadi, baik pada saat loading pertama, maupun saat kita menjalankan program, bahkan saat membuka exploler singkatnya kalau kita membuka aplikasi.

Bagaimana cara memperbaikinya?
Pertama, pastikan antivirus terpasang dan update, sehingga anda dapat lakukan scaning PC anda. Hal ini untuk mengantisipasi atau memastikan bahwa penyebab hang bukan virus, karena bisa saja virus membuat duplikat file yang begitu besar, dan menjalankan aplikasi berat lainnya sehingga memenuhi ruang memory, akibatnya komputer manjadi lambat, dan jika sudah tidak mampu maka hang.

Kedua, pastikan sistem operasi anda sehat. Dalam hal ini biasanya yang sering terjadi pada windows. Bisa jadi master windows yang anda pake udah crack, atau serialnya hasil keygen, bisa saja ada file lain yang tidak penting, atau mungkin ada fil system yang corrupt. Ini juga bisa menyebabkan komputer sering hang atau crash.

Ketiga, masalah hardware. yang paling sering adalah RAM. Jika semula normal-normal saja, ingat-ingat apakah anda menambah program berat? jika ya, apakah anda memperhatikan RAM, apakah anda tambah juga? Hal ini jika RAM terbatas dan program yang kita jalankan berat, maka kemungkinan bisa hang.

Masalah yang lain, karena RAM kotor, sehingga koneksi ke slotnya kurang bagus, bisa jadi karena banyak debu. Coba anda lepas dan bersihkan, kemudian pasang lagi. Jika masih sama, coba anda pindah slot, kasus yang terjadi slot kadang juga bisa trobel, biasanya untuk MB yang baru slot minimal ada 3.

Jika anda punya 2 keping RAM atau lebih, sebaiknya anda pasang salah satu dulu, ini untuk mengecek apakah kedua RAM masih bagus atau tidak.

Solusi diatas biasanya menyelesaikan masalah pada komputer lambat.

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...