Galeri Foto

17 September 2011

Drag-Drop di Flash 8 bagian 2

0 comments
Tutorial ini merupakan lanjutan dari drag dan drop di flash 8 yang kemarin saya posting. Apa bedanya? kami ini kita tambahkan bagaimana untuk mengecek kebenaran dari pasangan obyek yang di drag. Kasusnya begini:

Saya punya satu lingkaran merah dan satu lingkaran biru. serta satu kotak merah dan satu kotak biru.

Skenario nya: obyek berwarna biru akan kita pasangkan dengan obyke sejenis yang berwarna merah. jika lingkaran biru dipasangkan dengan lingkaran merah, maka akan muncul teks "Benar" jika selain itu "salah". Demikian juga untuk obyek kotak.

Capcus ke TKP (Tempat Kursus Phlash):
1. buat lingkaran merah, tekan f8 pilih movie clip, klik ok
2. klik lingkaran merah tersebut, kemudian munculkan properties, pada instance name ketik lingkaran_merah.
3. buat kotak merah, tekan f8 pilih movieclip, klik ok.
4. klik kotak merah, properties pada instance name ketik kotak_merah.
5. Lihat yang kita punya ini:


6. sip, sekarang buat lingkaran biru,tekan f8 pilih movie clip,klik ok
7. pada properties beri nama lingkaran_biru
8. buat kotak biru, tekan f8 pilih movieclip, klik ok
9. pada properties beri nama kotak_biru
10. lihat yang kita punya sekarang:


11. sekarang buat dynamic text, klik texttool (huruf A pada toolbox), klik properties, pilih dynamic text. Kemudian buat area text di layar.


lihat gambar yah...pada var ketik ling_kode


12. sekarang buat satu lagi dynamic text, tempatkan diatas kotak merah, dan pada properties var isi dengan kotak_kode

=============sebentar, saya minum dulu===================

gelas_pegang=true;
isi=air_panas;
coffemix=open;
tuang._coffemix=semuanya(){
aduk._pelan2=1 menit;
}

on(taruh){
diamkan sejenak;
}
siap._minum=coffemix panas;

==============selesai===============

he he he, maaf, iklan,.....

ok lanjut, sekarang ke bagian koding nya. Apa? mau minum dulu? silahkan...

no 13 ini kalau tidak salah. klik pada frame 1 layer 1, tekan f9 maka akan muncul jendela action frame.
14. ketik kode berikut (maaf anda ikuti dulu, pahami langkah demi langkah)
Kode untuk menggerakkan lingkaran biru:

lingkaran_biru.onPress = function() {
this.startDrag();
};
lingkaran_biru.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == lingkaran_merah) {
this._x = _root.lingkaran_merah._x;
this._y = _root.lingkaran_merah._y;
}if (eval(this._droptarget) == kotak_merah) {
this._x = _root.kotak_merah._x;
this._y = _root.kotak_merah._y;}
}


Koding untuk kotak biru:

kotak_biru.onPress = function() {
this.startDrag();

};
kotak_biru.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == lingkaran_merah) {
this._x = _root.lingkaran_merah._x;
this._y = _root.lingkaran_merah._y;
}if (eval(this._droptarget) == kotak_merah) {
this._x = _root.kotak_merah._x;
this._y = _root.kotak_merah._y;}
}


15. Sampai tahap ini, coba anda jalankan, tekan ctrl+enter. Lingkaran biru dan kotak biru dapat didrag dan drop, coba anda taruh pada obyek merah.
16. Selanjutnya untuk mengecek nilai benar atau salah. Script kita modif seperti ini:

lingkaran_biru.onPress = function() {
this.startDrag();

};
lingkaran_biru.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == lingkaran_merah) {
this._x = _root.lingkaran_merah._x;
this._y = _root.lingkaran_merah._y;
ling_kode="BENAR" }else{ling_kode="SALAH"
}if (eval(this._droptarget) == kotak_merah) {
this._x = _root.kotak_merah._x;
this._y = _root.kotak_merah._y;}
}


17. Kemudian untuk yang kotak juga kita modif yang sama:

kotak_biru.onPress = function() {
this.startDrag();

};
kotak_biru.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == lingkaran_merah) {
this._x = _root.lingkaran_merah._x;
this._y = _root.lingkaran_merah._y;
}if (eval(this._droptarget) == kotak_merah) {
this._x = _root.kotak_merah._x;
this._y = _root.kotak_merah._y;
kotak_kode="BENAR"}else{kotak_kode="SALAH"}
}


18. Sip, jalankan animasinya!

kurang jelas? download aja disini

0 comments:

Post a Comment

Sebelum meninggalkan halaman ini, silahkan kasih masukan pada blog ini...